PENGARUH TEHNIK MARMET TERHADAP KELANCARAN ASI IBU POST PARTUM DI RSUD LABUANG BAJI MAKASSAR

Authors

  • Wahid Hasyim Alkanda STIKES Edukasi Makassar
  • Selpiani Messen STIKES Graha Edukasi Makassar

Keywords:

Kelancaran ASI, Ibu Postpartum, Teknik Marmet

Abstract

masa krisis baik ibu maupun bayinya, penggunaan Air Susu Ibu (ASI) yang merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan derajat kesehatan ibu dan anak. Pemberian ASI pada anak merupakan proses alami sebagai kewajiban seorang ibu yang mengasuh anaknya. Karena ASI merupakan makanan utama pada bayi umur 2 tahun bulan selama kehidupannya. Teknik marmet merupakan kombinasi antara cara memerah ASI dan memijat payudara sehingga reflek keluarnya ASI dapat optimal.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Tehnik Marmet Terhadap Kelancaran ASI Ibu Post Partum di RSUD Labuang Baji Makassar. Penelitian ini menggunakan eksperiment dengan pendekatan  Two Group With Only Post test design dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel 32 responden yang dibagi menjadi kelompok kontrol dan kemlompok intervensi.

Hasil penelitian menunjukan dari 32 responden yang dijadikan sampel penelitian, yang mengalami kelancaran ASI ibu post partum sebanyak 24 orang (75,0%) dan tidak lancar sebanyak 8 orang (25,0%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji Shapiro-Wilk diperoleh nilai ? = 0,000 lebih kecil dari nilai ? yang ditetapkan yaitu 0,05. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima yaitu ada pengaruh tehnik marmet terhadap kelancaran ASI ibu post partum di RSUD Labuang Baji Makassar.

Disarankan kepada ibu agar dalam melakukan teknik marmet untuk memahami teknik dan cara melakukan agar ibu dapat melakukan teknik marmet ketika berada di rumah yang bisa dilakukan oleh suami maupun keluarga.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

22-06-2023

How to Cite

Alkanda, W. H., & Messen , S. . (2023). PENGARUH TEHNIK MARMET TERHADAP KELANCARAN ASI IBU POST PARTUM DI RSUD LABUANG BAJI MAKASSAR. Jurnal Ilmiah Keperawatan Dan Kebidanan Holistic Care, 6(2), 93–97. Retrieved from https://jurnalgrahaedukasi.org/index.php/JIKKHC/article/view/286