PENGARUH RELAKSASI PROGRESIF TERHADAP KECEMASAN PADA PASIEN PRE OPERASI

Authors

  • Jumriana Jumriana STIKES Edukasi Makassar
  • Yani Yolanda Kamsy STIKES Graha Edukasi Makassar

Keywords:

Pre operatif, kecemasan

Abstract

Keperawatan preoperatif merupakan tahapan awal dari keperawatan perioperatif. Fase preoperatif dimulai ketika keputusan diambil untuk melaksanakan intervensi pembedahan. Kecemasan merupakan respon adaptif yang normal terhadap stres karena pembedahan. Rasa cemas biasanya timbul pada tahap preoperatif ketika pasien mengantisipasi pembedahannya, perubahan pada citra tubuh dan fungsi tubuh,

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh relaksasi progresif terhadap tingkat kecemasan pada pasien pre operesi Di Rumah Sakit Bhayangkara Makassar. Penelitian ini menggunakan desain pra eksperimental dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel 16 responden yang mengalami akan melakukan operasi di RS Bhayangkara Makassar. Pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner..

Hasil penelitian menunjukan bahwa dari 16 responden yang diteliti menunjukan ada pengaruh yang signifikan. Dari hasil uji Wilcoxon dengan nilai p  value = 0,000 lebih kecil dari alfa = 0,05 (p  value = ?). Artinya H0 ditolak dan Ha diterima, jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh relaksasi progresif terhadap tingkat kecemasan pada pasien pre operesi.

Diharapkan agar perawat dapat melakukan teknik relaksasi progresif pada pasien pre operasi yang mengalami kecemasan dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan terhadap tingkat kecemasan pasien.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

22-06-2023

How to Cite

Jumriana, J., & Kamsy, Y. Y. . (2023). PENGARUH RELAKSASI PROGRESIF TERHADAP KECEMASAN PADA PASIEN PRE OPERASI. Jurnal Ilmiah Keperawatan Dan Kebidanan Holistic Care, 6(2), 71–77. Retrieved from https://jurnalgrahaedukasi.org/index.php/JIKKHC/article/view/282