PENGARUH PENYULUHAN KESEHATAN DENGAN MEDIA VIDEO TERHADAP PERILAKU PERSONAL HYGIENE PADA SISWA SD DI SEKOLAH DASAR IMPRES LANRAKI 2 MAKASSAR

Authors

  • Bazrul Makatita
  • Zulfi Ekawaty STIKES Graha Edukasi Makassar
  • Resky Amelia STIKES Graha Edukasi Makassar

Keywords:

Penyuluhan perilaku personal hygiene, Video

Abstract

Personal hygiene atau kebersihan perseorangan merupakan faktor yang penting karena ada bila masalah dengan personal hygiene akan berdampak pada kesehatan seseorang. Personal hygiene yang tidak baik akan mempermudah tubuh terserang berbagai penyakit, seperti penyakit kulit, penyakit infeksi, penyakit mulut, dan penyakit saluran cerna atau bahkan dapat menghilangkan fungsi bagian tubuh tertentu, seperti halnya kulit.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui media video terhadap perilaku sebelum dan sesudah dilakukan personal hygiene pada siswa SD  Di Sekolah Dasar Inpres Lanraki 2 Makassar. Penelitian ini menggunakan desain quasy eksperiment  dengan rancangan one group pre-test and post-test dengan sampel 63 responden  pada siswa/siswi kelas IV, V dan VI di SD inpres Lanraki 2 Makassar.

Hasil penelitian menunjukan bahwa dari 63 responden yang diteliti menunjukan ada pengaruh yang signifikan pada pre-test dan post-test. Dari hasil uji statistic menggunakan non parametrik uji wilcoxon dengan nilai p = 0,000 ? 0,05. Artinya H0 ditolak dan Ha diterima, jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penyuluhan dengan media video terhadap perilaku personal hygiene.

Diharapkan penyuluhan perilaku personal hygiene dijadikan salah satu tindakan yang harus ditingkatkan Bapak/ibu guru dalam kehidupan siswa/siswi di lingkungan sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

22-06-2023

How to Cite

Makatita, B., Ekawaty, Z. ., & Amelia , R. . (2023). PENGARUH PENYULUHAN KESEHATAN DENGAN MEDIA VIDEO TERHADAP PERILAKU PERSONAL HYGIENE PADA SISWA SD DI SEKOLAH DASAR IMPRES LANRAKI 2 MAKASSAR. Jurnal Ilmiah Keperawatan Dan Kebidanan Holistic Care, 6(2), 39–40. Retrieved from https://jurnalgrahaedukasi.org/index.php/JIKKHC/article/view/278